Mengurangi Dampak Pemanasan Global, Semua Bisa

Mengurangi dampak pemanasan global bisa dilakukan oleh setiap orang. Mengurangi dampak pemanasan global tidaklah harus memakai cara-cara yang eksterm, rumit dan mahal. kita semua bisa ikut berperan memerangi pemanasan global dengan cara-cara yang sederhana dan murah.
Kunci utama dalam membatasi pemanasan global adalah dengan membatasi emisi karbon dioksida (CO2) dan mencegah karbon dioksida(CO2) memasuki atmosfer atau mengambil CO2 yang ada. Sayangnya, masih banya manusia yang dengan sadar maupun tidak belum mampu menghindari berbagai aktivitas yang menjadi penyebab meningkatnya pemanasan global.
Sebagai contoh, seorang pekerja kantor belum mampu meninggalkan kendaraan pribadi yang berbahan bakar fosil lantaran masih mahal dan minimnya sumber tenaga alternatif yang ramah lingkungan.Ingin memanfaatkan roda angkutan umum, layanan yang tersedia jauh dari kelayakan. Juga seorang perokok yang belum mampu menghentikan hobinya.
Ingin ikut berperan mengurangi dampak pemanasan global, seumpamanya dengan menanam sebatang pohon trembesi yang mampu menyerap CO2 hingga 28 ton per tahun terkendala pada realita tempat tinggalnya yang hanya sebuah rumah kontrakan yang tidak mempunyai halaman.
Namun, membicarakan dampak pemanasan global tetaplah bukan pembicaraan yang tabu. Ikut andil dalam usaha mengurangi efek pemanasan global tetaplah tetaplah bukan kegiatan yang mustahil.
Hemat dalam pemakaian kertas dan tisu, mengurangi dampak pemanasan global. Sebagaimana yang sobat ketahui, kertas dan tisu merupakan produk vital yang berbahan dasar kayu. Semakin banyak kita mengkonsumsi kertas dan tisu berarti semakin banyak pohon yang ditebang. Jika sobat bersedia lebih teliti memeriksa tulisan sebelum mencetaknya pasti akan semakin sedikit kertas yang terbuang sia-sia hanya karena salah print. Katakanlah sehari satu orang bisa menghemat selembar kertas, berapa lembar kertas yang bisa dihemat dalam waktu satu tahun? berapa banyak jika dilakukan orang setiap orang di seluruh dunia? Silahkan hitung sendiri dan tentunya sobat akan menemukan sebuah angka yang fantastik.
Mengurangi pemakaian kertas akan berdampak pada berkurangnya jumlah pohon yang ditebang. Semakin banyak pohon yang tersisa, semakin banyak karbon dioksida yang akan terserap di udara. Dan itu memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi alam dalm usaha pengurangan dampak pemanasan global.
Sumber: alamendah (www.google.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gradien Barometrik

Public Lecture Geologi

Biosfer (Wallace dan Weber)